Minggu, 03 November 2013

JABATAN GURU MERUPAKAN JABATAN YANG STANDAR



Ketika berbicara tentang jabatan guru merupakan jabatan yang standar, maka seorang guru yang profesional harus memiliki standar kompetensi sehingga seseorang menjadi pantas dan layak untuk menyandang profesi guru.
A.    Standar Kompetensi Guru
1.      Pengertian
Kompetensi diartikan sebagai pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai dasar yang direflesikan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak. Dengan demikian, kompetensi yang dimiliki oleh setiap guru akan menunjukkan kualitas guru yang sebenarnya.
Kompetensi tersebut akan terwujud dalam bentuk penguasaan pengetahuan dari perbuatan secara profesional dalam menjalankan fungsi sebagai guru.
Berdasarkan pengertian tersebut, maka Standar Kompetensi Guru adalah suatu ukuran yang ditetapkan atau dipersyaratkan dalam bentuk penguasaan pengetahuan dan perilaku perbuatan bagi seorang guru agar berkelayakan untuk menduduki jabatan fungsional sesuai bidang tugas, kualifikasi, dan jenjang pendidikan.
2.      Tujuan
Standar Kompetensi Guru bertujuan untuk memperoleh acuan baku dalam pengukuran kinerja guru untuk mendapatkan jaminan kualitas guru dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Dengan demikian, Standar Kompetensi Guru berfungsi sebagai :
a.       Tolok ukur semua pihak yang berkepentingan di bidang pendidikan dalam rangka pembinaan, peningkatan kualitas dan penjenjangan karir guru.
b.      Meningkatkan kinerja guru dalam bentuk kreatifitas, inovasi, keterampilan, kemandirian, dan tanggung jawab sesuai dengan jabatan profesional.

3.      Komponen Standar Kompetensi Guru
a.       Pengelolaan Pembelajaran
1          1)      Penyusunan rencana pembelajaran
·         Mampu mendeskripsikan tujuan pembelajaran.
·         Mampu memilih / menentukan materi
·         Mampu mengorganisir materi
·         Mampu menentukan metode / strategi pembelajaran.
·         Mampu menyusun perangkat penilaian
·         Mampu menentukan teknik penilaian
·         Mampu mengalokasikan waktu
2)      Pelaksanaan interaksi belajar mengajar
·         Mampu membuka pelajaran
·         Mampu menyajikan materi
·         Mampu menggunakan metode strategi
·         Mampu menggunakan alat peraga / media
·         Mampu menggunakan bahasa yang komunikatif
·         Mampu memotivasi siswa
·         Mampu mengorganisasi kegiatan
·         Mampu berinteraksi dengan siswa secara komunikatif
·         Mampu menyimpulkan pembelajaran
·         Mampu memberikan umpan balik
·         Mampu melaksanakan penilaian
·         Mampu menggunakan waktu
3)      Penilaian prestasi belajar peserta didik
·         Mampu memilih soal berdasarkan tingkat kesukaran
·         Mampu memilih soal berdasarkan tingkat pembeda
·         Mampu memperbaiki soal yang tidak valid
·         Mampu memeriksa jawaban
·         Mampu mengklasifikasikan hasil – hasil penilaian
·         Mampu mengolah dan menganalisis hasil penilaian
·         Mampu menyusun laporan hasil penilaian
·         Mampu membuat interpretasi kecenderungan hasil penilaian
·         Mampu menentukan korelasi antar soal berdasarkan hasil penilaian
·         Mampu mengidentifikasi tingkat variasi hasil penilaian
·         Mampu menyimpulkan dari hasil penilaian secara jelas dan logis.
4)      Pelaksanaan tindak lanjut hasil penilaian prestasi belajar peserta didik
·         Menysusn program tindak lanjut hasil penilaian
·         Mengklasifikasikan kemampuan siswa
·         Mengidentifikasi kebutuhan tindak lanjut hasil penilaian
·         Melaksanakan tindak lanjut
·         Mengevaluasi hasil tindak lanjut hasil penilaian
·         Menganalisis hasil evaluasi program tindak lanjut hasil penilaian

4.      Pengembangan Potensi
a.       Pengembangan Profesi
1)         Mengikuti informasi perkembangan IPTEK yang mendukung profesi melalui berbagai kegiatan ilmiah
2)         Mengalihbahasakan buku pelajaran / karya ilmiah
3)         Mengembangkan berbagai model pembelajaran
4)         Menulis makalah
5)         Menulis / menyusun diktat pelajaran
6)         Menulis buku pelajaran
7)         Menulis modul pelajaran
8)         Menulis karya ilmiah populer
9)         Melakukan penelitian ilmiah (action research)
10)     Menemukan teknologi tepat guna
11)     Membuat alat peraga / media
12)     Menciptakan karya seni
13)     Mengikuti pelatihan terakreditasi
14)     Mengikuti pendidikan kualifikasi
15)     Mengikuti kegiatan pengembangan kurikulum

5.      Penguasaan Akademik
a.                   a.        Pemahaman wawasan kependidikan
1)      Memahami visi dan misi pendidikan nasional
2)      Memahami hubungan pendidikan dan pengajaran
3)      Memahami konsep pendidikan dasar dan menengah
4)      Memahami fungsi sekolah
5)      Mengidentifikasi permasalahan umum pendidikan dalam hal proses dan hasil pendidikan
6)      Membangun sistem yang menunjukkan keterkaitan pendidikan sekolah dan luar sekolah
b.      Penguasaan bahan kajian Akademik
1)      Memahami struktur pengetahuan
2)      Menguasai substansi materi
3)      Menguasai substansi khusus sesuai dengan jenis pelayanan yang dibutuhkan siswa.

6.      Proses Pembelajaran
a.       Berpusat pada peserta didik
b.      Mengembangkan kreativitas peserta didik
c.       Menciptakan kondisi menyenangkan dan menantang
d.      Mengembangkan beragam kemampuan yang bermuatan nilai
e.       Menyediakan pengalaman belajar yang beragam
f.       Belajar melalui berbuat (Modus Pengalaman Belajar)

7.         Penilaian Berbasis Kelas (Pbk)
a.                  a.      Meliputi Aspek Kognitif, Afektif, dan Psikomotor
b.      Berorientasi pada kompetensi
c.       Mengacu pada patokan (Criterion Reference Assessment)
d.      Ketuntasan belajar
e.       Menggunakan berbagai cara
f.       Valid, adil, terbuka, dan berkesinambungan

8.      Profil Kompetensi Lulusan Siswa
a.       Aspek Kognitif
Menguasai ilmu, teknologi dan kemampuan akademik untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi
b.      Aspek Afektif, Siswa memiliki :
1)      Keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa sesuai ajaran agama masing-masing
2)      Memiliki nilai-nilai etika dan estetika
3)      Memiliki nilai-nilai demokrasi, toleransi dan humaniora
 c. Aspek Psikomotor
1)      Memiliki keterampilan berkomunikasi, kecakapan hidup dan mampu beradaptasi dengan perkembangan lingkungan sosial, budaya dan lingkungan alam baik lokal, regional, maupun global
2)      Memiliki kesehatan jasmani dan rohani yang bermanfaat untuk melaksanakan tugas/kegiatan sehari-hari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar