TUGAS-TUGAS PERKEMBANGAN
PESERTA DIDIK MENURUT JENJANG PENDIDIKAN
A. Tugas-tugas perkembangan
anak usia Sekolah Dasar (SD):
1.
Menanamkan sikap dan
kebiasaan dalam beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan yang Maha Esa.
2.
Mengembangkan kata hati,
moral, dan nilai-nilai sebagai pedoman berperilaku.
3.
Mengembangkan keterampilan
dasar dalam membaca, menulis dan berhitung
4.
Mempelajari keterampilan
fisik sederhana yang diperlukan untuk permainan dan kehidupan
5.
Belajar, bergaul dan
bekerja dalam kelompok sebaya
6.
Belajar menjadi pribadi
yang mandiri
7.
Membangun sikap hidup yang
sehat mengenai diri sendiri dan lingkungan
8.
Mengembangkan
konsep-konsep yang perlu dalam kehidupan sehari-hari
9.
Belajar menjalankan peran
sosial sesuai dengan jenis kelamin
10.
Memiliki sikap positif
terhadap kelompok dan lembaga-lembaga sosial
(Ahman, 1998:51-59)
B. Tugas-tugas perkembangan
anak usia Sekolah Menengah Pertama (SMP):
1.
Memiliki sikap dan
perilaku beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan yang Maha esa
2.
Memperoleh perangkat nilai
sebagai pedoman berperilaku
3.
Mencapai kemandirian
emosional
4.
Mengembangkan keterampilan
intelektual
5.
Berperilaku sosial yang
bertanggung jawab
6.
Mencapai peran sosial
sebagai pria/wanita
7.
Menerima keadaan diri dan
menggunakannya secara efektif
8.
Mencapai kemandirian
perilaku ekonomis
9.
Memiliki wawasan persiapan
karir
10.
Mencapai hubungan baru
yang lebih matang dengan teman sebaya baik pria maupun wanita
(Soeharto, 1998:32-34)
C. Tugas-tugas perkembangan
anak usia Sekolah Menengah Atas (SMA/SMK):
1.
Memiliki sikap dan
perilaku beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan yang Maha Esa
2.
Mencapai hubungan sosial
yang lebih matang dengan teman sebaya
3.
Memiliki peran sosial
sebagai pria dan wanita
4.
Menerima keadaan diri dan
menggunakannya secara efektif
5.
Mencapai kemandirian
emosional dari orang tua dan orang dewasa lainnya
6.
Mencapai kemandirian
perilaku ekonomis
7.
Memiliki pilihan dan
persiapan untuk suatu pekerjaan
8.
Memiliki persiapan untuk
perkawinan dan hidup berkeluarga
9.
Memiliki keterampilan
intelektual dan konsep yang diperlukan sebagai anggota masyarakat yang baik
10.
Memiliki perilaku sosial
yang bertanggung jawab
11.
Memiliki seperangkat nilai
dan sistem etis sebagai pedoman berperilaku
(Juntika Nurihsan,
1998;80-84)
D. Tugas-tugas perkembangan
anak usia Perguruan Tinggi (PT):
1.
Memiliki sikap dan
perilaku beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan yang Maha Esa
2.
Memperoleh perangkat nilai
sebagai pedoman berperilaku
3.
Menerima keadaan diri dan
menggunakannya secara efektif
4.
Mencapai peran sosial
sebagai pria/wanita
5.
Mencapai hubungan baru
yang lebih matang dengan teman sebaya baik pria maupun wanita
6.
Memiliki perilaku sosial
yang bertanggung jawab
7.
Memiliki keterampilan
intelektual
8.
Memiliki kemandirian
emosional
9.
Memiliki kemandirian
perilaku ekonomis
10.
Memiliki kemampuan memilih
dan mempersiapkan pekerjaan
11.
Memiliki sikap positif
terhadap pernikahan dan hidup berkeluarga
12.
Memiliki kriteria calon
pasangan hidup yang sesuai dengan keadaan dirinya
13.
Menemukan kelompok sosial
yang bermakna
(Dwi Yuwono PS,
1998:98-114)
TUGAS-TUGAS PERKEMBANGAN
PESERTA DIDIK MENURUT TAHAPAN FASE PERKEMBANGAN (HAVIGHURST)
A.
Masa
bayi dan anak-anak
1.
Belajar
berjalan
2.
Belajar
mekan makanan padat
3.
Belajar
berbicara
4.
Belajar
mengendalikan pembuangan kotoran tubuh
5.
Mencapai
stabilitas fisiologik
6.
Membentuk
pengertian sederhana tentang realitas fisik dan sosial
7.
Belajar
kontak perasaan dengan orang tua, keluarga, dan orang lain
8.
Belajar
mengetahui mana yang benar dan yang salah serta mengembangkan kata hati
B.
Masa
Anak Sekolah
1.
Belajar
ketangkasan fisik untuk bermain
2.
Pembentukan
sikap yang sehat terhadap diri sendiri sebagai organism yang sedang tumbuh
3.
Belajar
bergaul yang bersahabat dengan anak-anak sebaya
4.
Belajar
peranan jenis kelamin
5.
Mengembangkan
dasar-dasar kecakapan membaca, menulis, dan berhitung
6.
Mengembangkan
pengertian-pengertian yang diperlukan guna keperluan kehidupan sehari-hari
7.
Mengembangkan
kata hati moralitas dan skala nilai-nilai
8.
Belajar
membebaskan ketergantungan diri
9.
Mengembangkan
sikap sehat terhadap kelompok dan lembaga-lembaga
C.
Masa
Remaja
1.
Menerima
keadaan jasmaniah dan menggunakannya secara efektif
2.
Menerima
peranan sosial jenis kelamin sebagai pria/wanita
3.
Menginginkan
dan mencapai perilaku social yang bertanggung jawab social
4.
Mencapai
kemandirian emosional dari orang tua dan orang dewasa lainnya
5.
Belajar
bergaul dengan kelompok anak-anak wanita dan anak-anak laki-laki
6.
Perkembangan
skala nilai
7.
Secara
sadar mengembangkan gambaran dunia yang lebih adekwat
8.
Persiapan
mandiri secara ekonomi
9.
Pemilihan
dan latihan jabatan
10.
Mempersiapkan
perkawinan dan keluarga
D.
Masa
Dewasa Awal
1.
Mulai
bekerja
2.
Memilih
pasangan hidup
3.
Belajar
hidup dengan suami/istri
4.
Mulai
membentuk keluarga
5.
Mengasuh
anak
6.
Mengelola/mengemudikan
rumah tangga
7.
Menerima/mengambil
tanggung jawab warga Negara
8.
Menemukan
kelompok sosial yang menyenangkan
E.
Masa
Usia Madya/Masa Dewasa Madya
1.
Menerima
dan menyesuaikan diri terhadap perubahan fisik dan fisiologis
2.
Menghubungkan
diri sendiri dengan pasangan hidup sebagai individu
3.
Membantu
anak-anak remaja belajar menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab dan
berbahagia
4.
Mencapai
dan mempertahankan prestasi yang memuaskan dalam karir pekerjaan
5.
Mengembangkan
kegiatan-kegiatan pengisi waktu senggang yang dewasa
6.
Mencapai
tanggung jawab sosial dan warga Negara secara penuh.
Bagai anda yang membutuhkan penghasilan pasif..
BalasHapusSilahkan rekomodasikan pada teman-teman anda di website kami http://titipdana.com ..
Dapatkan 2% dari setiap invetasi teman anda, oppp jangan lupa daftar terlebih dahulu....